Rabu, 27 April 2011

Milir, Dolopo, Madiun

Milir, Dolopo, Madiun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Milir
Desa
Negara Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Madiun
Kecamatan Dolopo
Luas -
Jumlah penduduk -
Kepadatan -

Milir adalah nama sebuah kelurahan di kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, provinsi Jawa Timur, Indonesia. Mlilir, Dolopo, Madiun

Kelurahan Mlilir berada di antara poros Jalan Madiun-Ponorogo, berjarak 20 km dari Madiun dan 10 km dari Ponorogo. Kelurahan Mlilir adalah kelurahan paling selatan Kabupaten Madiun dan berbatasan dengan Kabupaten Ponorogo.

Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Glonggong, sebelah Timur Desa Kradenan, sebelah Selatan berupa sungai Kali Asin, Ngepos Kabupaten Ponorogo, dan sebelah Barat Desa Lembah.

Kelurahan Mlilir, ketika masih dalam bentuk Desa terdiri atas beberapa Dusun, yakni Dusun Blaru, Dusun Ngeprih, Dusun Prenggowiranan, Dusun Nglobang, dan Dusun Guwo.

Kali Asin - Batas Kabupaten Madiun dan Ponorogo.

Antara Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo dipisahkan oleh Kali Asin. Kali Asin bersumber dari Telaga Ngebel. Kali Asin ini bermuara ke Sungai atau Bengawan Madiun dan selanjutnya bermuara ke Bangawan Solo. Di Dusun Guwo terdapat Check Dam Gombal yang dibuat pada Zaman Belanda ,Dam itu memisahkan aliran utama dengan aliran kanal irigasi yang mengairi sawah di Kelurahan Mlilir dan sekitarnya.

Makanan Khas Mlilir Makanan khas Milir adalah Kupat sate. Kupat sate ini dijual di toko atau emper pertokoan di Pasar Mlilir. Yang menyebabkan enak adalah kupat, bumbu ayam, dan bumbu kacangnya. Mlilir juga mempunyai kekhasan Pecel Madiun yang lain dari Pecel Madiun lainnya, yakni dari sayuran (capar/toge kedele), bumbu dan bungkus daun jati,lempeng, tempe kripik khas terutama di Dusun Guwo. Sehabis makan Pecel Mlilir ini biasanya terasa agak lebih segar di badan. Sebagian orang Ponorogo yang berada di perantauan sering menyebut Es Campur Pak Kaderan, Mlilir. Sesungguhnya Es Campur itu masih berada di Kabupaten Ponorogo. Memang esnya Pak Kaderan cukup dikenal di masa lalu, kira-kira hampir sama dengan Es Teler 77, kebetulan letaknya berbatasan dengan Kelurahan Mlilir, persis dekat Gerbang Reog, di sebelah kiri jalan dari Madiun.

Hasil Bumi

Hasil Bumi terutama Padi, dan Mangga. Mangga-mangga gadung ditanam di sepanjang jalan desa pada tahun 1980an, sebagai bagian dari program mangganisasi Kabupaten Madiun di saat Bupatinya dijabat oleh Ir Kadijono, yang mantan kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur.

Pendidikan Di Desa Mlilir terdapat beberapa sekolah dasar SDN Mlilir 1 dan SDN Mlilir 2, dan yang terkenal adalah SD Islam Kreshna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar