Minggu, 06 Maret 2011

majalah Life

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sampul majalah Life tahun 1911

Life adalah majalah Amerika Serikat yang pernah terbit dalam tiga format berbeda:

  • majalah umum dan humor yang diterbitkan antara 1883 dan 1936 (hak atas nama majalah ini dibeli oleh Henry R. Luce)
  • majalah mingguan jurnalisme foto yang diterbitkan Henry Luce dari 1936 hingga 1972, diterbitkan sebagai edisi khusus tidak teratur hingga tahun 1978, dan sebagai majalah bulanan dari 1978 hingga 2000[1]
  • suplemen sejumlah surat kabar di Amerika Serikat dari tahun 2004 hingga edisi terakhir 20 April 2007.[2][1]

Majalah Life mulai didirikan tahun 1883 sebagai majalah hiburan ringan untuk umum serupa majalah humor Puck. Isinya berupa ilustrasi, lelucon, dan komentar sosial karya pengarang, redaktur, dan kartunis terbaik dari zamannya, seperti Charles Dana Gibson, Norman Rockwell, dan Harry Oliver. Life juga memuat resensi singkat film dan teater yang sedang dipertunjukkan di New York City. Format resensi di majalah Life serupa dengan resensi di majalah The New Yorker dengan tambahan lingkaran berwarna merah, kuning, dan hijau seperti lampu lalu lintas sebagai indikator penilaian. Majalah ini terbit selama 53 tahun sebelum dibeli penerbit majalah Time, Henry R. Luce.

Setelah diluncurkan kembali oleh Luce, Life terbit selama lebih dari empat puluh tahun, dan mendominasi pasar majalah berita foto. Majalah ini pernah laku terjual lebih dari 13,5 juta eksemplar per minggu. Begitu populernya hingga majalah ini dipakai oleh Presiden Harry S. Truman, Sir Winston Churchill, dan Jenderal Douglas MacArthur untuk memuat memoar mereka secara bersambung.

Foto paling terkenal yang diterbitkan majalah Life adalah foto berjudul V–J day in Times Square karya Alfred Eisenstaedt. Foto tersebut diambil 27 Agustus 1945 di tengah perayaan berakhirnya Perang Dunia II di Times Square, New York City.

Pada tahun 2008, Google mengumumkan tersedianya arsip foto majalah Life di situs web Google. Sebagian dari foto tersebut belum pernah diterbitkan di dalam majalah Life.[3][4]

[sunting] Kontributor

Berikut ini adalah daftar kontributor majalah Life sejak tahun 1936.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar