Kamis, 03 Maret 2011

Papan Semen-Gypsum Dari Core-Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) Menggunakan Teknologi Pengerasan Autoclave

Tanaman Kenaf (Hibiscus cannabinus L.) telah lama digunakan sebagai bahan baku pembuat karung goni dan kertas. Dengan Kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.


', CAPTION, 'inovasi',BELOW,RIGHT, WIDTH, 300, FGCOLOR, '#CCCCFF', BGCOLOR, '#333399', TEXTCOLOR, '#000000', CAPCOLOR, '#FFFFFF', OFFSETX, 10, OFFSETY, 10);" onmouseout="return nd();"> inovasi
teknologi, serat Kenaf dapat dikembangkan sebagai bahan baku pembuat papan semen-gypsum yang banyak digunakan sebagai material bahan bangunan.

Papan semen-gypsum dihasilkan dari core-kenaf dengan mensubtitusi penggunaan semen dengan gypsum dan proses pengerasannya menggunakan teknologi autoclave.

Dengan pengerasan autoclave, papan semen-gypsum dapat mencapai kekerasan dan kekuatan optimum dalam waktu maksimum 24 jam dari yang biasanya membutuhkan waktu selama satu bulan. Hasilnya adalah papan yang lebih ringan namun lebih kuat dan tahan rayap.

WHY?

  • Sifat fisis dan mekanis lebih baik, terutama sifat mekanis dengan nilai keteguhan rekat, keteguhan lentur, keteguhan patah lebih baik
  • Kekuatan pegang sekrup lebih tinggi dibanding papan semen-gypsum biasa
  • Ketahanan terhadap rayap kayu kering dan rayap tanah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar