Rabu, 28 September 2011

Acara khusus

Oliebollen, kue Belanda yang dimakan pada Malam Tahun Baru
Appeltaart, pai apel Belanda
Sebuah huruf dari cokelat, permen khas Belanda, Sinterklaas memberikan ini kepada anak-anak, huruf pertama dari nama anak terbuat dari cokelat, seharusnya dilemparkan ke bawah cerobong asap oleh Zwarte Piet atau Sinterklaas itu sendiri
Pada kesempatan khusus, biasanya jenis kue-kue yang berbeda dimakan. Ketika bayi lahir dalam sebuah keluarga, dulu para orangtua muda melayani tamu-tamu mereka dengan beschuit met muisjes (roti panggang Belanda ditutupi dengan adas manis).
Festival Belanda Sinterklas (didedikasikan untuk Santo Nikolas, merayakan hari namanya) diadakan pada 5 Desember. Santo Nikolas, meninggalkan hadiah di sepatu anak-anak. Pada kesempatan ini, orang Belanda minum susu coklat panas dan makan kue rempah-rempah, seperti speculaas. Ini adalah kue-kue khusus yang didistribusikan oleh suruhan Santo Nikolas, Zwarte Piet, dan termasuk pepernoten (gingernut seperti biskuit, tetapi dibuat dengan kayu manis, lada, cengkeh dan campuran rempah-rempah pala), boterletter[8] atau banket (kerak kue panggang diisi dengan pasta almond manis dan dibentuk menjadi huruf), huruf-huruf yang dibuat dari cokelat, marzipan, borstplaat, dan beberapa jenis kue dibumbui lainnya: taai-taai dan kruidnoten dan banketstaaf.
Natal di Belanda merupakan hari libur keluarga. Secara tradisional ada makan siang keluarga dengan "Kerststol" (roti kismis dengan buah, sering diisi dengan pasta almond).[9] Makan malam Natal juga merupakan acara keluarga di mana babi panggang, buruan atau daging mewah lainnya disajikan. Makanan alternatif lainnya saat natal yaitu 'gourmet', ketika orang-orang duduk bersama mengelilingi perangkat gourmet(kompor untuk memasak dengan meja kecil dan wajan penggorengan mini) dan menggunakan panci kecil mereka sendiri untuk memasak berbagai jenis daging, ikan, udang dan sayuran dicincang halus disertai dengan salad, buah dan saus.[9]
Pada Malam Tahun Baru, rumah-rumah di Belanda tercium bau minyak pipa panas yang digunakan untuk mempersiapkan oliebollen, appelflappen dan appelbeignets di dalam penggorengan lebar. Bola-bola adonan ragi, baik polos atau diisi dengan buah-buahan Glace, potongan apel dan kismis dan anggur sultana, disajikan dengan gula bubuk dan khusus untuk malam Tahun Baru. Belanda juga membawa oliebollen mereka ke Amerika, di mana sekarang dikenal dalam bentuk yang sedikit berbeda sebagai donat. Di Limburg, nonnevotte kadang-kadang disajikan pada saat malam Tahun Baru, meskipun sering dimakan saat Karnaval. Selama Tahun Baru, Knieperties yang populer, khususnya provinsi-provinsi di utara.[9]
Pada hari ulang tahun, semua jenis kue dimakan termasuk appeltaart (pai apel), Bokkepootjes, Bossche bol, dikke koek, kue krim, Fryske dumkes, gevulde koek (kue diisi dengan hidangan almond), Groninger koek, Janhagel, Ketelkoek, Kindermanstik , Krakeling, Krentenwegge, Kruidkoek, Limburgse vlaai, Ouwewijvenkoek, peperkoek (jahe), Rijstekoek, Spekkoek (dari Indonesia), Sprits, Tompouce, Trommelkoek, Bitterkoekjes, Kletskop dan Stroopwafel. Poffertjes adalah panekuk kecil yang disajikan pada acara-acara khusus, disajikan hangat dengan mentega leleh dan gula bubuk di atasnya. Mereka kebanyakan dikombinasikan dengan minuman: susu coklat atau minuman yoghurt. Kafetaria di seluruh Belanda menjual poffertjes. Poffertjes dapat dimakan sebagai dessert (hidangan penutup) setelah makan malam atau pemanis makan siang.

[sunting] Minuman beralkohol

Anggur hanya memainkan peran sederhana dalam masakan Belanda, tetapi ada banyak merek bir dan minuman beralkohol yang kuat. Produsen bir Belanda yang paling terkenal adalah Heineken di barat dan Grolsch di timur. Dulu, Brabant Utara dan Limburg memiliki tradisi bir yang kuat, dengan berbagai jenis bir (tidak seperti Belgia). Namun pada abad ke-20 pabrik bir besar beberapa kali mengambil alih pabrik bir kecil atau menawarkan mereka lisensi untuk menjual merek bir mereka, sementara menghentikan produksi mereka sendiri. Juga berbagai bir pahit seperti Beerenburg adalah yang paling terkenal. Minuman alkohol dengan rasa kuat diantaranya jenever (gin) dan Brandewijn (brendi), tetapi juga kandeel (dibuat dari anggur putih), Kraamanijs (minuman keras terbuat dari adas manis), Oranjebitter (sejenis brendi jeruk, yang disajikan pada perayaan sekitar keluarga kerajaan) , Advocaat, Boerenjongens, kismis dalam Brandewijn, Boerenmeisjes, aprikot dalam Brandewijn.

[sunting] Makanan siap saji

Sebuah frikandel dengan kentang goreng
Hollandse Nieuwe, ikan haring mentah "baru"
Gerookte paling, belut asap
Belanda memiliki jenis makanan cepat sajinya sendiri, dijual di snackbars. Sebuah makanan cepat saji Belanda sering terdiri dari dari kentang goreng (disebut friet atau patat), dengan saus dan produk daging. Saus yang paling umum untuk menemani kentang goreng adalah mayones (atau alternatif manis rendah lemak disebut fritessaus), sedangkan yang lain dapat saus tomat atau saus pedas, saus kacang atau acar irisan sayuran yang dibumbui, seperti piccalilli. Kadang-kadang kentang goreng yang disajikan dengan kombinasi saus yang berbeda, yang paling terkenal adalah speciaal (spesial): mayones dengan saus tomat dan irisan bawang bombay yang dibumbui, dan Oorlog (harfiah "perang"): mayones dan saus kacang, kadang-kadang dengan irisan bawang. Makanan cepat saji yang cukup baru di Belanda adalah Kapsalon (harfiah: salon), terdiri dari shoarma atau ner, kentang goreng, salad, keju dan berbagai saus. Diberi nama ini karena (Friet) asli Kapsalon, merupakan makan siang yang dipesan oleh pemilik salon di Rotterdam.
Daging ini biasanya digoreng, ini termasuk frikandel ( sosis daging cincang tanpa kulit yang digoreng), dan kroket (daging cincang yang dibumbui tercakup dalam remah roti, digoreng).
Sebuah versi lebih kecil dari bola kroket, bitterbal,sering disajikan dengan mustar sebagai makanan ringan di bar dan di acara resmi. Makanan ringan daerah termasuk eierbal (kombinasi telur dan daging cincang yang dibumbui) di Utara dan Timur, dan worstenbrood dari Brabant atau lebih sering disebut saucijzenbroodjes, sosis daging dipanggang dan sedikit dibumbui di dalam kue.
Makanan ringan lainnya terinspirasi dari Indonesia yaitu bamihap atau bamischijf (mi goreng berbentuk piringan dengan remah roti, digoreng), nasibal (nasi goreng berbentuk bola dengan remah roti, digoreng) dan kaassouflé (keju soufflé, atau adonan kue digoreng dengan keju kecil di tengah, populer di antara vegetarian).
Hampir semua produk daging adalah buatan pabrik dari potongan daging murah dan dipasok ke lemari pembeku kedai jajan. Kentang goreng harus digoreng dua kali pada temperatur yang berbeda. Dalam kebanyakan kasus kentang goreng beku dipasok dan digoreng sekali. Beberapa kedai jajan menawarkan makanan lokal siap saji, misalnya irisan perut babi didalam remah roti.
Makanan cepat saji jenis lainnya adalah ikan. Termasuk ikan herring mentah yang dijual di pasar dan dimakan (sering dengan irisan bawang dan ketimun gherkin). Camilan ikan lainnya yaitu Kibbeling (potongan ikan kod berukuran nugget lalu digoreng), Lekkerbek (ikan cod goreng, mirip dengan Fish and chips Inggris, tapi dibumbui dan adonannya lebih seperti tempura), belut asap, dan rollmops (ikan haring gulung).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar