Selasa, 27 September 2011

Hangwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Hangwa

Berbagai jenis hangwa
Nama Korea
Hangeul 한과, 조과
Hanja ,,
Alih Aksara yang Disempurnakan hangwa, jogwa
McCune–Reischauer han'gwa, chogwa
Han-gwa bermakna Kue Korea adalah jenis biskuit tradisional Korea yang dibuat dari tepung beras, ditambah madu, gula, minyak wijen, lalu dibentuk, dicetak untuk digoreng atau dikukus. Kue ini khas perayaan, ritual dan festival-festival.
Jenis-jenis:
  • Yakgwa, terbuat dari tepung beras, diulen dengan minyak wijen, dicetak berbentuk bunga, lalu digoreng. Setelah itu dicelup madu, sari jahe, arak dan ditabur bubuk kulit manis. Kue ini biasa disajikan sebagai sesajen pada jesa atau hidangan pesta-pesta.
  • Gangjeong, kue seukuran jari yang ringan, renyah, kopong di tengah-tengah. Terbuat dari tepung beras ketan yang diulen dengan arak dan air, lalu dikukus. Dipotong antara 4-5 cm lalu digoreng. Setelah itu dicelup dalam madu, ditabur wijen dan biji-bijian. Kue ini biasa dihidangkan pada pesta-pesta.
  • Dasik, kue tepung beras yang diulen dengan madu, ditambah serbuk sari lalu dicetak.
  • Yaksik atau yakbap, kue tepung beras ketan yang dicampur kacang, minyak wijen, madu, kecap, gula, lalu dikukus dengan jujube, kastanye, kacang cemara sampai kecoklatan. Kue ini khas festival Daeboreum, perayaan bulan purnama pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar