Minggu, 03 Februari 2013


Dari Masalah Untuk Solusi dalam 4 Langkah: Panduan Fasilitator untuk Keputusan Partisipatif Pembuatan

Punya masalah untuk memecahkan? Panduan ini fasilitator untuk pengambilan keputusan partisipatif akan mendapatkan Anda dari masalah untuk solusi dalam 4 langkah. Dengan sedikit bimbingan, kelompok secara efektif dapat mengevaluasi solusi alternatif, sistematis pekerjaan apa trade-off eksis dan menyetujui solusi kerja. Berikut ini adalah empat langkah.
4 Langkah Panduan untuk Pengambilan Keputusan Partisipatif 

    1. Mengembangkan kriteria keputusan 
    2. Mengembangkan scorecard
    3. Mengevaluasi alternatif
    4. Membuat keputusan
Langkah 1 - Mengembangkan Kriteria Keputusan

Bagaimana Anda membuat keputusan? Biasanya ada beberapa faktor kunci atau kriteria yang penting dan pengaruh pilihan yang Anda pilih. Keterjangkauan atau biaya adalah salah satu faktor yang umum, tetapi ada banyak, banyak hal lagi yang mempengaruhi pilihan yang Anda buat. kriteria Keputusan adalah apa yang kelompok digunakan untuk mengukur kelayakan dari alternatif potensial. Cobalah untuk membatasi jumlah kriteria - lebih banyak bukan berarti lebih baik, itu hanya berarti lebih. Keputusan yang paling efektif membuat kriteria adalah mereka yang penting untuk masalah, berkomunikasi relevansi dengan bisnis dan menciptakan kepuasan yang paling jika terpenuhi.

Kriteria KategoriKemungkinan Kriteria
Target KeuanganReturn on Investment (ROI)
Net Present Value (NPV)
Biaya Manfaat Analisis (CBA)
Tingkat Rintangan atau Internal Rate of Return (IRR)
Pendapatan
Anggaran
Biaya Staf
Implementasi PersyaratanWaktu ke pasar
Kompleksitas
Staf ketersediaan
Kerja upaya
Persyaratan Teknologi
waktu Breakeven
Budaya fit
kompetensi Organisasi
Tingkat kesuksesan masa lalu
Strategis FitPrioritas cocok
Meningkatkan merek
afinitas Meningkatkan pelanggan
Biasanya, salah satu kriteria membawa lebih berat daripada yang lain atau kepentingan. Dalam hal ini, kelompok harus membedakan dan mengurutkan tingkat kepentingan. Penting: Semua kriteria tersebut harus dipenuhi Prioritas Tinggi: Satu atau lebih kriteria yang harus dipenuhi Penting: Dapat digunakan sebagai tie-breaker. Langkah 2 - Mengembangkan sebuah Scorecard The Langkah kedua adalah untuk mengembangkan sebuah scorecard. Jangan tergoda untuk melewatkan tahap ini bahkan jika Anda berpikir itu rumit atau membuang-buang waktu. Benar dilakukan, scorecard mendefinisikan dan menjelaskan langkah-langkah kriteria, membuat proses berpikir lebih transparan dan mengesankan.Singkatnya, mengembangkan scorecard yang memaksa Anda untuk mempertimbangkan apa yang penting dan mengartikulasikan apa yang Anda anggap dapat diterima, atau tidak. mekanisme Scoring umumnya jatuh ke dalam salah satu dari tiga jenis, Binary - memerlukan ya / tidak, baik / atau jawaban jenis Kuantitatif - memerlukan jawaban numerikKualitatif -. menggunakan kata-kata untuk menggambarkan jawaban Misalnya



BinerYaTidak
Internal Rate of Return?> 15%<15 font="">


KuantitatifKebanyakan FavourableOkeLeast Favourable
Internal Rate of Return?> 15%11-14%<10 font="">


KualitatifKebanyakan FavourableOkeLeast Favourable
Dampak terhadap Merek?Mengangkat merek target pasar kunci

Netral dampak terhadap merek pasar yang ada

Risiko untuk merek pasar Kurang diinginkan

Anda dapat menggabungkan mekanisme penilaian yang berbeda seperti yang Anda butuhkan;
Kriteria DefinisiMengukur
Kebanyakan FavourableOkeLeast Favourable
Keuntungan produktivitas?YaTidak
Biaya Proyek?<£ 15K£ 15K-20K £> £ 20K
Penyelesaian Waktu<3months font="">3-6 bulan> 6 bulan
Tim KeterlibatanRendahMediumTinggi
Langkah 3 - Mengevaluasi Alternatif

Langkah ketiga adalah daftar solusi alternatif Anda dan mengevaluasi mereka terhadap kriteria Anda. Ingat bahwa alternatif pertama Anda selalu melakukan apa-apa - perubahan tidak selalu pilihan terbaik Anda! Setidaknya untuk saat ini.
Alternatif 1 - melakukan apa-apaAlternatif 2Alternatif 3
PENTINGLamanyaFavourableFavourableOke
Pemilihan waktuLeast FavourableFavourableKebanyakan Favourable
Return on InvestmentLeast FavourableOkeOke
TINGGI PRIORITASMemenuhi persyaratan hukumLeast FavourableFavourableFavourable
Karyawan KepuasanLeast FavourableOkeOke
PENTINGCocok prioritas strategisOkeFavourableOke
Langkah 4 - Membuat Keputusan

The bit mudah! Semua berpikir keras telah dilakukan, sekarang saatnya untuk melihat skor alternatif yang paling menguntungkan. Apakah semua kriteria penting telah terpenuhi?Berapa banyak dari kriteria Prioritas Tinggi telah terpenuhi?Dalam hal dasi, yang satu kriteria penting telah terpenuhi?Sekarang setidaknya satu alternatif akan keluar sebagai calon kuat untuk keputusan. Sebelum Anda memulai perencanaan tindakan berdasarkan alternatif terkuat, luangkan waktu beberapa jauh dari proses pengambilan keputusan dan "tidur di atasnya". Jika masih terasa seperti cara terbaik ke depan, maka mungkin. Meskipun ini proses pengambilan keputusan sangat disistematisasi, dengan mengubah beberapa kriteria atau mengubah prioritas, Anda mungkin datang dengan kesimpulan yang berbeda. Kadang-kadang apa yang Anda anggap penting sebenarnya hanya penting. Hindari mengubah hasil sesuai alternatif favorit Anda, tetapi terbuka untuk meninjau langkah-langkah dalam proses dan keputusan yang dibuat pada setiap titik, dan mengubah jika perlu. Panduan ini 4 langkah fasilitator untuk pengambilan keputusan partisipatif membuat Anda efisien dari masalah ke solusi. Mengaktifkan kelompok untuk membuat keputusan menghasilkan buy-in dan meningkatkan keberhasilan dari solusi. Semakin proses ini digunakan, lebih cepat dan lebih efektif menjadi, sampai kelompok Anda menjadi pemecahan masalah mesin.





Dengan Swinton Lyndsay
Pemilik, Manajemen untuk Istirahat dari Kami
www.mftrou.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar