Minggu, 03 Februari 2013

Membandingkan Pengambilan Keputusan Model: 3 cara untuk kulit ikan lele

Related Produk: keputusan Gratis Download membuat alat

Bagaimana cara membuat keputusan?
Bagaimana cara membuat keputusan?
Membandingkan pengambilan keputusan model, Anda dapat melihat ada banyak cara untuk mencapai suatu kesimpulan atau "kulit ikan lele". Pengambilan keputusan model telah dikelompokkan menjadi 3 jenis, keputusan prima rasional, intuitif dan pengakuan Gary Klein membuat model, yang merupakan hibrida dari model rasional dan intuitif. Artikel ini memberi Anda pro dan kontra dari masing-masing model pengambilan keputusan.

Bagaimana kulit ikan lele - pendekatan rasional ...
Sebuah keputusan rasional membuat model yang biasanya meliputi langkah-langkah berikut:
  • Mengidentifikasi masalah atau peluang
  • Mengumpulkan dan mengatur informasi
  • Menganalisis situasi
  • Mengembangkan beberapa pilihan
  • Mengevaluasi dan memberikan nilai pada setiap opsi
  • Pilih opsi yang muncul sebagai yang terbaik
  • Bertindak tegas pada pilihan yang
Pro dari model keputusan rasional mencakup kemampuan untuk mengatur emosi samping, dan mendekati keputusan dengan struktur dan disiplin. Con adalah bahwa manusia tidak selalu rasional, dan 'pilihan terbaik' mungkin tidak selalu menjadi 'benar' satu ketika Anda faktor orang lain terkait dengan keputusan atauisu-isu etis .
Pengambilan keputusan rasional dapat efektif bila waktu memungkinkan untuk penalaran, dianggap deduktif, tetapi bisa menyebabkan "kelumpuhan analisis". Kadang-kadang yang terbaik adalah mengabaikan kepala dan percaya usus Anda.

Cara lain kulit lele - pendekatan intuitif ...
Sebuah keputusan yang intuitif membuat model jauh lebih terstruktur dan nikmat subjektif daripada pertimbangan obyektif.Hal ini tergantung pada jenis berikut masukan:
  • Pengenalan pola - pola melihat dalam acara-acara dan informasi, dan menggunakan mereka untuk mengkonfigurasi tindakan.
  • Kesamaan Pengakuan - melihat kesamaan dalam situasi masa lalu dan sekarang, seperti diakui sebab dan akibat dalam suatu situasi tertentu.
  • Arti-penting - memahami pentingnya informasi dan cara itu mempengaruhi penilaian pribadi.
Pro dari keputusan intuitif membuat model adalah bahwa keputusan dapat dibuat dengan cepat dan bahwa pembuat keputusan bersandar pada pengalaman pribadi mereka dan penilaian. Con adalah bahwa emosi, buruk atau terlalu sedikit pengalaman dapat mempengaruhi penilaian dan menyebabkan keputusan 'impuls' miskin atau yang akan dibuat.
Misalnya, kebanyakan orang aman akan menggunakan keputusan yang intuitif membuat ketika memilih sebuah restoran untuk acara khusus atau memilih sebuah buku liburan untuk membaca.
Penalaran intuitif bukan cerita lengkap, terutama dalam "lakukan atau mati" situasi di mana tidak ada waktu untuk "memproses" keputusan Anda membuat kriteria, atau ketika Anda punya bug usus.
Hal ini telah menyebabkan model keputusan yang dikembangkan yang mencakup kedua faktor rasional dan intuitif.

Bagaimana ke nomor lele kulit 3 - pengakuan Gary Klein prima model pengambilan keputusan ...
The Gary Klein pengakuan keputusan prima membuat model adalah contoh yang baik dari kombinasi penalaran intuitif dan rasional:
Hidup atau mati keputusan
Hidup atau mati keputusan
Dalam model ini, pembuat keputusan menilai situasi dengan cepat, membandingkannya dengan situasi masa lalu, mengakui pola dan menciptakan 'action script' mental yang berjalan melalui skenario pada kesimpulan. Model ini secara praktis ditunjukkan setiap hari oleh orang-orang yang terlibat dalam "hidup atau mati", skenario seperti pilot pesawat, tim tanggap darurat atau veteran perang.
Hal ini dapat mengarah pada dua pilihan:
  • Para pengambil keputusan menemukan cacat tidak ada dalam skenario dan set tentang kursus yang mereka pilih tindakan sesuai dengan script mereka
  • Para pengambil keputusan menemukan masalah dalam naskah tindakan mereka dan mulai berakhir dengan skrip yang berbeda, mengulangi proses sampai skenario berhasil bermain keluar. Mereka kemudian bertindak keluar script sukses.
Ketika pembuat keputusan yang dialami, pola pengakuan mereka lebih berkembang, memberi mereka lebih skenario masa lalu untuk ekstrapolasi data dari dan membuatnya lebih mungkin bahwa pilihan pertama mereka adalah yang terbaik. Bagi para pengambil keputusan yang lebih muda atau kurang berpengalaman, kerja rasional melalui skenario mental dan pemecahan masalah dari masalah yang mungkin mengambil peran yang lebih menonjol.
Pro dari Gary Klein pengakuan prima pengambilan keputusan kebohongan model dalam kenyataan bahwa penalaran intuitif dan rasional yang digunakan, dan pengalaman dapat faktor masuk ini telah menciptakan istilah "pra-mortem", ketika Anda menatap bola kristal dan imajiner memprediksi apa yang terjadi jika Anda mengikuti kursus tertentu atau script. Apa yang berhasil? Apa yang gagal? Ini simulasi mental memungkinkan Anda untuk "belajar", sebelum acara dan mencegah masalah sebelum mereka muncul.
Con mungkin bahwa beberapa orang dapat menggunakan model ini ketika salah satu dari dua lainnya akan lebih tepat misalnya untuk pemula atau untuk keputusan penting non.

Jika Anda masih tidak yakin bagaimana untuk kulit ikan lele ....
Dan jika membandingkan ini pengambilan keputusan model tidak cukup, lihatlah Edward De Bono Enam Topi Berpikir untuk model pengambilan keputusan untuk kehidupan non mengancam situasi.

Dengan Swinton Lyndsay
Pemilik, Manajemen untuk Istirahat dari Kami
www.mftrou.com

Kutipan Informasi: Swinton, Lyndsay. "Membandingkan Pengambilan Keputusan Model: 3 cara untuk kulit lele" Mftrou.com . 9 September 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar